Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Eksternal Ke Internal

Zoshzee.blogspot.com -  Halo sobat kali ini saya akan share buat sobat sekalian tentang memindahkan aplikasi Android dari Eksternal Ke Internal. Sobat yang pecinta game dan suka mendownload pasti ingin sekali memiliki Memori yang cukup untuk space buat aplikasi,software atau video sobat. Tapi saat ini android yang sobat miliki hanya memiliki sedikit sekali memori untuk tempat aplikasi sobat. Sobat jangan perlu khawatir. Karena sobat tidak perlu lagi harus membeli SmartPhone yang canggih dan mahal karena sekarang sudah ada caranya sobat. Sobat Perlu ROOT Android sobat terlebih dahulu karena itu sangat penting dan merupakan sesuatu yang harus dilakukan agar dapat menggunakan Tutorial ini. Oke sobat langsung saya jelaskan saja.


Tutorial singkat berikut menjelaskan cara menggunakan dan men-setting Link2SD, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering keluar dari para pembaca di artikel Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Eksternal (SDCard) dan Cara Partisi Memory SDCard Android Untuk Link2SD.

Sebetulnya menggunakan Link2SD itu mudah sekali, tidak ada cara atau settingan khusus yang harus diterapkan, juga sama sekali tidak ada trik dan patch yang harus digunakan. Mungkin untuk meluruskan saja karena sebagian orang memindah aplikasi itu menggunakan menu "Move to SD card" padahal seharusnya "Create link". Keduanya sangatlah berbeda.

Setelah menjawab beberapa pertanyaan dari pembaca, dapat saya simpulkan yang sering menjadi persoalan itu mengapa memory internal tetap penuh padahal data aplikasi sudah dipindah mulai dari app, dalvik-cache dan library?

Menurut saya, hal itu dipengaruhi oleh banyak faktor. Link2SD sebetulnya tidak serta-merta memindah data aplikasi ke eksternal. Link2SD hanya membantu me-link kan data aplikasi tersebut (bukan memindahkan secara menyeluruh) dengan kata lain meski aplikasinya sudah di "Create link", memori internal tetap kebagian jatah space dari aplikasi itu sendiri, namun tidak banyak.

Faktor lain yang membuat memori internal tetap penuh, bisa saja karena di internal terdapat file-file seperti video, foto, lagu, dump file dan lain sebagainya yang tidak disadari pemilik sehingga dengan melakukan cara apapun memori internal nya tetap saja penuh.



Cara Menggunakan Link2SD Untuk Memindah Aplikasi Android ke SDCard
  • Cara menggunakan Link2SD, pertama saya anggap anda sudah berhasil melakukan partisi dan menginstal Link2SD di ponsel anda sampai Link2SD siap digunakan
  • Untuk memindahkan aplikasi dari internal ke eksternal SDCard, pilih aplikasi apa saja yang sudah anda install sebelumnya dari daftar list di Link2SD
  • Selanjutnya, tekan dan tahan aplikasi tersebut hingga muncul dialog pop up lalu pilih Create Link. Perhatikan gambar A dan gambar B :



  • Pada gambar A yang saya lingkari merupakan aplikasi yang sudah saya install namun belum saya pindah ke SDCard
  • Untuk memindahnya, pilih Create Link seperti yang ada digambar B

  • Pada menu Create Link, centang semua checklist yang ada kemudian tekan OK
  • Tunggu sampai proses selesai dan hingga aplikasi berhasil di create link

  • Setelah muncul kalimat "Application files linked and moved to SD card", saya ucapkan selamat anda berhasil memindah (create link) aplikasi ke SDCard :)
  • *Tambahan : Untuk memastikan apakah aplikasi benar-benar sudah ter-link, tekan dan tahan aplikasi itu sekali lagi kemudian pilih "Create link" lagi
  • Jika benar berhasil, maka dibawah masing-masing ketiga checklist akan ada warning already linked

  • Satu lagi bagi anda yang sudah terlanjur menginstall aplikasi begitu banyaknya (misal 50 aplikasi) dan ingin memindahkannya (me-link) ke SDCard, daripada anda harus melakukannya satu per satu ada cara mudah supaya proses linking-nya bisa serentak 50 aplikasi sekaligus
  • Pada list aplikasi di Link2SD, tekan tombol opsi kemudian pilih multi-select lalu select all. Lihat gambar F dibawah :

  • Seharusnya seluruh aplikasi yang sudah anda install akan menjadi tercentang seperti pada gambar diatas setelah anda melakukan hal tersebut
  • Selanjutnya tekan Actions (bawahnya select all) dan pilih Create Link. Lihat Gambar G :

  • Kurang lebih tampilannya seperti yang ada pada gambar diatas
  • Disitu tertera berapa banyak aplikasi yang akan anda link
  • Centang seluruh checklist, pilih OK
  • Tunggu hingga proses linking selesai

Masih bingung cara menggunakan Link2SD? :)

Terakhir, yang harus anda perhatikan dan ini sangat penting, tutorial diatas merupakan cara memindah aplikasi (linking) ke SDCard secara manual.

Ada cara otomatis yang tidak begitu ribet untuk dilakukan. Pada saat anda menginstal aplikasi (entah melalui installer APK atau Playstore) secara otomatis Link2SD akan me-link aplikasi itu ke eksternal.

Caranya,
  • Tekan tombol opsi pada Link2SD kemudian Settings. Perhatikan Gambar H dibawah :

  • Centang pilihan Auto Link seperti pada gambar

Baik, seperti itu lah sedikit penjelasan mengenai Cara Menggunakan Link2SD Untuk Memindah Aplikasi Android ke SDCard. Bukan hal sulit untuk menerapkannya, asalkan anda berhati-hati dan teliti saya yakin anda akan berhasil.

Tutorial diatas merupakan tutorial basic dan lengkap mengenai cara-cara menggunakan Link2SD. Jika ada yang masih kurang jelas bisa anda tanyakan di kolom komentar dibawah.

Udah sobat itu sedikit mengenai penejelasan cara memindahkan Aplikasi Android dara Eksternal Ke Internal. Sobat bisa sering menggunjung blog saya ini dan mengKLIK iklan yang ada terimakasih






Share this

Related Posts

Previous
Next Post »