Cara Mudah Mengatasi Touchscreen Error di Android

Smartphone saat ini memang sudah hampur semua menggunakan Touchscreen sebagai navigasi untuk menjalankan handphone pintar tersebut. Dengan adanya Touchscreen kita menjadi lebih mudah dalam menjalankan smartphone kita. Tapi walaupun mudah untuk digunakan, terkadang ada juga kelemahan dari navigasi hebat satu ini. Tak jarang kita mendapatkan touchscreen yang mengalami kerusakan atau gangguan. Terkadang kita sudah mengetuk, tapi tidak ada respon apa-apa.



Pasti muncul dibenak anda apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Munculnya gangguan atau kerusakan tersebut diakibatkan oleh banyak faktor. Kerusakan pada layar LCD, Smartphone yang terlalu lemot, RAM yang sangat padat, kerusakan fisik seperti retak, dan masih banyak faktor yang membuat hal tersebut.

Berikut ini saya akan menjelaskan cara mengatasi hal tersebut. Tapi saya belum jamin 100% bahwa cara ini akan berhasil, ada saja kerusakan yang sangat parah yang harus diselesaikan oleh ahlinya. Tapi tidak apalah, yang penting anda sudah mencoba dan mendapat ilmunya. Tenang saja cara ini mudah untuk dilakukan.

Cara Mudah Mengatasi Touchscreen Error di Android

1. Atur Calibration dan Cek Sensitivitasnya

Terkadang Touchscreen smartphone masih dapat digunakan tetapi sangat lambat dan sangat sensitif. Cara yang tepat mengatasi hal tersebut adalah dengan mengatur kalibrasinya yaitu dengan membuka menunyadi Setting > Display > Calibration. Anda jangan panik, nantinya layar akan Blank Putih , selanjutnya anda Klik layar untuk Kalibrasi dan ikuti petunjuk yang diminta sampai kalibrasi tersebut selesai. Cek juga sensitivitasnya dengan membuka menu dengan kode *#*#2664#*#*. Dengan begitu anda akan mengetahui Sensitivitas dari Touchscreen anda.

2. Lakukan Restart

Jika cara pertama gagal, cara kedua adalah dengan melakukan Restrart. Dengan melakukan Restart membuat layar sentuh menjadi kembali bekerja secara optimal. Saya rekomendasikan untuk merestart android anda dengan secara manual atau tidak menggunakan mode Hidupkan kembali. Saran saya yaitu dengan cara mematikan android sobat selama 10 menit, lalu hidupkan kembali. 10 Menit tersebut berguna untuk merefresh atau menyegarkan komponen smartphone anda dan agar komponen tersebut dapat menyesuaikan diri.

3. Factory Reset

Cara ini memang cara terakhir yang dapat mengembalikan lagi Touchscreen anda kesemula. Jika Restrart tidak juga mampan, lakukanlah jalan terakhir ini yaitu Factory reset, atau reset pabrik. Dengan begini android anda akan kembali ke pengaturan semula sama seperti baru dibeli. Dengan begitu semua data yang anda download akan hilang, Tetapi tidak pada memory eksternal. Jadi pikir dahulu sebelum melakukan factory reset. Dan jika anda ingin melakukan faktory reset, backup dulu semua aplikasi anda.


Ketiga cara diatas memang kurang ampuh, apalagi untuk kerusakan yang sangat parah, seperti keretakan yang parah, kerusakan akut pada LCD dan lain sebagainya. Untuk yang sudah mengalami kerusakan parah tersebut, silahkan pergi ke service android, dan anda harus mengeluarkan duit.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

comments
January 6, 2016 at 12:58 AM delete

ogitu doank caranya, tqu infonya ya..

Reply
avatar
January 6, 2016 at 1:06 AM delete

nambain bro biasanya touch screen error juga disebabkan krn pemakaian charger dengan arus yang kebesaran atau kekecilan .

Reply
avatar
January 6, 2016 at 12:52 PM delete

kalau error biasanya langsung tak restart alhamdulillah pulih lagi.
thanks infonya bro

Reply
avatar