Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM Dan VGA - JRS-TECHNO

Saturday, October 3, 2015

Cara Mengubah Flashdisk Menjadi RAM Dan VGA

Marusam-pc.Blogspot.com - Haloo sob, Nah kali ini saya mau share nih Cara Membuat FalshDisk Menjadi RAM Dan VGA, saya membuat artikel ini karena tuntutan dari teman dan komputer saya sendiri yang spesifikasinya tergolong rendah, hehehe sebenernya gak penting juga ya ngasih tau yang beginian.

Bagi yang komputer atau laptopnya mempunyai spesifikasi yang kecil atau tergolong rendah, sobat bisa mempercepat kinerja komputer/laptop sobat tersebut dengan mengganti atau mengupgrade RAM dan VGA, akan tetapi untuk mengupgrade atau mengganti RAM dan VGA itu sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tapi sobat sudah tidak perlu khawatir lagi karena kali ini saya mau berbagi tipsnya nih cara mempercepat kinerja komputer hanya dengan sebuah FlashDisk (FD), dan bebereapa software lainnya.

Jadi sobat semua tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli RAM dan VGA, yang perlu sobat beli hanyalah Sebuah 'Flasdisk' dengan ukuran minimal 2GB.

Sebelum lebih lanjut lagi sobat semua tau flashdisk enggak? hehehe, pasti udah pada tau kan? tapi biar enggak nanggung kita cari tahu terlebih dahulu apa itu FlashDisk (FD), kali aja masih ada yang gaptek gak tau tentang flashdisk.
Apa Itu Flashdisk?
Flashdisk adalah perangkat output dari pada komputer yang digunakan untuk menyimpan data, file, dokumen penting, dan lain sebagainya. Nama lain dari flashdisk itu sendiri adalah USB Drive, Pen Drive, Microdisk, dan Pocket Drive. Di dalam flashdisk ini terdapat perangkat khusus yang fungsinya sebagai pengontrol. Selain itu terdapat pula memori penyimpanan yang bersifat non-volatile. Artinya, data-data yang ada di dalam flashdisk ini tidak akan hilang apabila tidak ada aliran listrik sekalipun.
Fungsi Flashdisk
Flashdisk sebagaimana tujuan awal penggunaannya, perangkat ini berfungsi untuk menyimpan data, file, dokumen penting, dan lain sebagainya. Data-data yang terdapat di dalam flashdisk juga bisa dipindahkan ke perangkat lain, misalnya komputer, laptop, ataupun flashdisk yang lain. Jenis data yang dapat dimuat di dalam flashdisk ini ada bermacam-macam. Dan bahkan hampir seluruh jenis file bisa dimasukkan ke dalam flashdisk.

gimana? sudah tahu belum apa itu flashdisk beserta fungsinya? jika sudah, sebelum lanjut lagi sebaiknya sobat baca terlebih dahulu apa itu RAM?
Apa Itu Ram?
Memori akses acak (dalam bahasa Inggris: Random access memory, atau biasa disebut dengan  RAM) adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori. Ini berlawanan dengan alat memori urut, seperti tape magnetik, disk dan drum, di mana gerakan mekanikal dari media penyimpanan memaksa komputer untuk mengakses data secara berurutan.

Pertama kali dikenal pada tahun 60'an. Hanya saja saat itu memori semikonduktor belumlah populer karena harganya yang sangat mahal. Saat itu lebih lazim untuk menggunakan memori utama magnetic.

Perusahaan semikonduktor seperti Intel memulai debutnya dengan memproduksi RAM , lebih tepatnya jenis DRAM.

Biasanya RAM dapat ditulis dan dibaca, berlawanan dengan ROM (read-only-memory), RAM biasanya digunakan untuk penyimpanan primer (memori utama) dalam komputer untuk digunakan dan mengubah informasi secara aktif, meskipun beberapa alat menggunakan beberapa jenis RAM untuk menyediakan penyimpanan sekunder jangka-panjang.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa ROM merupakan jenis lain dari RAM, karena sifatnya yang sebenarnya juga Random Access seperti halnya SRAM ataupun DRAM. Hanya saja memang proses penulisan pada ROM membutuhkan proses khusus yang tidak semudah dan fleksibel seperti halnya pada SRAM atau DRAM. Selain itu beberapa bagian dari space addres RAM ( memori utama ) dari sebuah sistem yang dipetakan kedalam satu atau dua chip ROM.
Cara Mempercepat Kinerja Komputer/Laptop Dengan Membuat Flasdisk Menjadi RAM Eksternal
Jika anda sudah membaca dan tahu apa itu RAM, kita langsung saja ke tutorialnya dan siapkan bahan-bahan berikut:
·        Komputer atrau Laptop!
·        Flasdisk
·        eBosotr (Software)
·        Secangkir kopi agar enggak sterss baca artikel panjang ini
·        Dan tamvan (Recomend!) :v
Jika bahan-bahan di atas sudah tersedia langsung ke tutorialnya cara menggunakan eboostr dan flasdisk untuk menambah memori eksternal:

1. Langkah Pertma: Download terlebih dahulu Aplikasi Eboostr versi terbaru di situs resminya di www.eboostr.com/

2. Langkah Kedua: Jika sudah di download, Instal aplikasi tersebut dan reboot komputer sobat

3. Langkah Ketiga: Colokan/pasang Flasdisk sobat ke komputer/laptop masing-masing

4. Langkah Keempat: Pastikan Flasdisk sobat sudah terdeteksi, jika sudah terdeteksi masuk ke aplikasi eBoostr

5. Langkah Kelima: Jika sudah masuk ke aplikasi tersebut klik 'Configure' untuk menambahkan device yang akan di jadikan RAM




6. Langkah Keenam: Pilih device yang ingin anda gunakan, jika suda memilih device yang akan anda gunakan centang 'Use This Device For Caching', atur kapasitas Flasdisk yang akan di gunakan sebagai ram, jika sudah klik 'OK'




7. Langkah Ketujuh: Selanjutnya akan ada proses "Building cache", tunggu hingga selesai.




8. Langkah Kedelapan: Proses sudah selesai, selamat RAM Komputer sobat sudah bertambah!




Eror yang biasa terjadi pada saat menggunakan Aplikasi eBooster:

1. Kok, gak bisa ya mas, pada saat ingin menambahkan device sebagai RAM Eksternal?
2. Mas, FlashDisk Tidak terdetect di  eBooster maupun Komputer?
3. Mas, kok saya tidak bisa menjalankan aplikasi eBooster lagi ya, kenapa?

JAWAB:


1.      Coba kurangi kapasitas flashdisk yang akan di gunakan sebagai RAM
2.      Driver sudah terinstal apa belum? jika belum silakan instal drivernya terlebih dahulu
3.      hahahahah, itu wajar saja karena waktu pemakai eBooster (TRIAL) sobat sudah habis, silakan beli aplikasi tersebut.


Gimana? berhasilkan? ya semoga saja berhasil cara membuat flasdisk menjadi RAM eksternal, dan juga sebagai vga. eitttsss tapi gak cukup sampai disini saja, berikutnya kita akan Menambah atau memanipulasi VGA dengan 3D Analyze.

sebelum lebih lanjut lagi  tentang cara menambah VGA kita harus tahu terlebih dahulu apa itu VGA dan fungsinya.
Apa Itu VGA?
Video Graphics Array (VGA), adalah sebuah standar tampilan komputer analog yang dipasarkan pertama kali olehIBM pada tahun 1987.

Walaupun standar VGA sudah tidak lagi digunakan karena sudah diganti oleh standar yang lebih baru, VGA masih diimplementasikan pada Pocket PC.

VGA merupakan standar grafis terakhir yang diikuti oleh mayoritas pabrik pembuat kartu grafis komputer. Tampilan Windows sampai sekarang masih menggunakan modus VGA karena didukung oleh banyak produsen monitor dan kartu grafis.

selengkapnya tentang VGA silakan baca di VGA - Wikipedia Indonesia
Dan Apa Fungsi VGA?
Fungsi VGA Card, yang sering disebut Graphic Card (kartu grafis) ataupun Video Card, adalah berfungsi untuk menerjemahkan/mengubah sinyal digital dari komputer menjadi tampilan grafis pada layar monitor. Kartu VGA (Video Graphic Adapter) berguna untuk menerjemahkan output (keluaran) komputer ke monitor.

Untuk menggambar / design graphic ataupun untuk bermain game.VGA Card sering juga disebut Card display, kartu VGA atau kartu grafis.

Tempat melekatnya kartu grafis disebut slot expansi. Chipset/prosesor pada kartu VGA, banyak sekali macamnya karena tiap-tiap pabrik kartu VGA memiliki Chipset andalannya. Ada banyak produsen Chipset kartu VGA seperti NVidia, 3DFX, S3, ATi, Matrox, SiS, Cirrus Logic, Number Nine (#9), Trident, Tseng, 3D Labs, STB, OTi, dan sebagainya.
Cara Menambah VGA dengan 3D Analyze
Bagaimana 3D Analyze bekerja? 3D Analyze  bekerja sebagai VGA Virtual dengan mengambil sebagian dari memori RAM, tapi tidak per khawatir RAM anda akan berkurang banyak, kan di atas sudah di beri tahu tipsnya agar RAM bertambah dengan Flashdisk.

Jika sobat sudah membaca dan tahu apa itu 3d Analyze dan VGA beserta Fungsinya, kita langsung saja ke tutorialnya dan siapkan bahan-bahan berikut:
·        Komputer atau Laptop!
·        3d Analyze (Software)
Jika bahan-bahan di atas sudah dipersiapkan, silakan sobat bisa langsung saja ke tutorialnya:

1. Langkah Pertama: Download terlebih dahulu aplikasi 3D Analyze (Silakan Googling saja)

2. Langkah Kedua: Jika aplikasi Sudah di download,  Jalankan Aplikasi Tersebut

3. Langkah Ketiga: Jika aplikasi tersebut sudah terbuka, klik 'Select' untuk memilih aplikasi atau game yang ingin sobat mainkan, jika sudah klik open. (Saran: Pastikan file yang dipilih bukanlah shortcut)

4. Langkah Keempat: Kemudian lakukan setting seperti gambar di bawah ini:





5. Langkah Kelima: Jika sudah melakukan setting seperti gambar diatas jangan lupa untuk menyimpan pengaturan tersebut dengan klik 'Save batch File', lalu klik 'Run' unutk menjalankan aplikasi tersebut.

Sekian dulu sob, sedikit mengenai Cara Mengubah Flashdisk menjadi RAM dan VGA, Semoga sobat terbantu dengan ini. Terimakasih
Comments


EmoticonEmoticon