Tips Singkat Terbaik Untuk Meningkatkan Kinerja Android 2015

Zoshzee.blogspot.com - Haloo sobat, kali ini saya akan share sesuatu buat sobat, Saya tidak bosan-bosannya memberikan tips dan trik buat sobat agar android sobat bisa menjadi lancar seperti baru. Kali ini saya akan memberikan tips dan trik buat sobat dengan singkat dan terbukti untuk meningkatkan kinerja dari android. Tips meningkatkan kinerja android ini sudah terbukti oleh beberapa orang dan alhasil androidnya jadi lebih baik dan lebih lancar.

Android merupakan sistem operasi mobile yang paling banyak digunakan di dunia. Semakin populer, Android semakin cepat berkembang. Lisensi nya yang open source juga turut membantu perkembangannya. Untuk perangkat Android tipe High-end memang dari sisi kinerja tidak perlu diragunakan. Dengan spesifikasi yang mumpuni akan lancar untuk multi-tasking dan kegiatan berat lainnya.
Persoalannya Android tidak hanya untuk kalangan tipe high-end. Terdapat juga Android yang tipe low enduntuk kalangan yang memiliki budget terbatas. Nah, pada tutorial kali ini memberikan tips singkat yang sudah terbukti dapat meningkatkan kinerja Android. Langkah-langkahnya bisa dilakukan untuk pemula dan tanpa harus melakukan rooting atau langkah-langkah expert lainnya.
Perlu Diingat:
Tidak semua tips singkat pada langkah-langkah ini harus dilakukan. Tapi jika Sobat mencoba semuanya akan memberikan pengaruh pada kinerja dan kecepatan perangkat Sobat. Yang pasti akan memberikan peningkatan dan pengaruh positif.
  • Kurangi Animasi. Aktifkan opsi pengembang (developers options) pada perangkat Android Sobat. caranya ke  Jika sudah aktif, buka Developers options lalu scroll kebawah dan temukan Windows animation scale, transisition animation scale, dan animator duration scale. Kurangi nilai yang ada pada bagian tersebut. Jika ingin tanpa animasi, pilih no animation. Tapi penulis merekomendasikan dengan nilai 0.5.
  •  




  • Clear Cache. Untuk membersihkan Cache sudah bisa dilakukan langsung tanpa harus menginstall aplikasi tambahan. Selain akan mempercepat kinerja tentu akan mengurangi penggunaan memori RAM. Untuk membersihkan cache secara manual, ke Settings > Storage > Cache. Tap bagian tersebut maka akan ada dialog untuk membersihkannya.
  • Gunakan Launcher pihak ketiga. Nova dan Apex masih menjadi rekomendasi untuk menjadi launcher bawaan. Meski di Google Play Store banyak aplikasi launcher yang lebih ringan, nyata nya aplikasi-aplikasi tersebut malah memberikan iklan. Tanpa disadari iklan tersebut membutuhkan akses internet. Sejauh ini Apex dan Nova dapat didownload secara gratis dan tanpa iklan. Hanya pembatasan fitur premium yang berbayar.
  • Uninstall aplikasi yang tidak digunakan. Berapa aplikasi messenger yang Sobat gunakan? BBM, WhatsApp, LINE, Hangouts, WeChat, BeTalk, Facebook Messenger dan lainnya. Semakin banyak menginstall makin banyak yang dibutuhkan memori nya. Perangkat akan semakin melambat. Menurut singkat penulis, gunakan messenger yang benar-benar dibutuhkan. WhatsApp menjadi prioritas. Sementara aplikasi seperti BBM hanya pantau feed, LINE hanya coba-coba ikutan kuis dan cari stiker gratis, Facebook messenger bisa diganti dengan facebook lite atau akses melalui browser. Cobalah gunakan seperlunya, dan uninstall yang tidak benar-benar digunakan.
  • Disable aplikasi sistem. Cara ini bisa meningkat kinerja dan bersih-bersih homescreen. Cara disable aplikasi sistem mudah dilakukan. Caranya ke settings > App > All Apps > lalu pilih aplikasi sistem yang ingin didisable. Tak perlu khawatir, cara ini aman dilakukan karena hanya aplikasi sistem yang aman yang bisa di disable. Tidak semuanya. Cara ini sangat berguna bagi bloatware-bloatware yang mengganggu. PAda aplikasi Samsung, bukan disable melainkan Turn-Off.
Itulah empat langkah yang bisa dilakukan jika ingin meningkatkan kinerja Android tanpa melakukan root atau coba menginstall custom ROM. Jika ada langkah-langkah lainnya yang Sobat tahu, bisa sharing melalui kolom komentar dibawah ini.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »