Cara Menghemat Kuota Android

Hemat adalah perilaku yang positif. Dengan melakukan penghematan akan banyak manfaat yang didapatkan. Termasuk jika Sobat melakukan penghematan pada kuota data Internet pada perangkat Androidnya. Pada tutorial artikel kali ini, Saya akan mengulas cara hemat kuota data internet di Android.
Perlu diketahui, sekarang ini tidak ada paket data internet dengan kuota data unlimited alias kuota tidak terbatas. Operator menerapkan sistem penggunaan kuota data. Jika kuota paket data internet habis akan ada tiga pilihan. Pertama, Sobat tidak akan bisa mengakses internet tetapi pulsa tidak terpotong. Yang kedua, masih bisa akses internet tetapi gak tahu nya pulsa habis lalu internet pada perangkatnya tidak bisa diakses. Terakhir, Sobat akan mengalami speed turun menjadi dibawah 64 Kbps. Yakin masih bisa internetan dengan speed segitu?
Sebelum mengetahui cara mengurangi penggunaan kuota data internet di Android. Sebaiknya Sobat mengetahui juga kemana kuota habis digunakan.
Kuota Data Tercuri
Inilah yang paling berbahaya dan banyak yang tidak diketahui oleh pengguna Android. Tercurinya kuota data karena iklan dari suatu aplikasi atau saat browsing. Hal ini menimbulkan cache pada aplikasi dan browser akan membengkak.
Pengguna juga harus pintar saat browsing di internet. Jika mengunjungi beberapa situs lalu meuncul peringatan jendela perangkat terkena virus sebaiknya abaikan saja. Hal ini malah akan menyebabkan menginstall aplikasi lalu aplikasi tersebut akan memunculkan iklan setiap saat.
Di Android, data monitoring sudah ada sejak Android Jelly Bean. Apalagi jika mencari aplikasi sejenis di Google Play Store untuk memonitoring data, menghemat kuota data serta aplikasi untuk penghemat baterai. Cukup banyak dan cukup mudah untuk mencari aplikasi tersebut. Sepengetahuan penulis, aplikasi tersebut tidak banyak membantu. Dan pada akhirnya menghapus aplikasi tersebut karena malah menambah penggunaan memori yang dapat menyebabkan perangkat semakin lemot.
Tak Peduli Kuota Data Terpakai Untuk Hal Yang Tidak Perlu
Kasus ini banyak terjadi pada pengguna android sekarang. Contoh kasus nya, Sobat masih tetap melakukan streaming video apalagi dengan kualiatas HD, membuka gambar dengan format animasi GIF, streaming video hanya untuk mendapatkan koin pada aplikasi messenger, membuka attachment diatas 1 MB pada email dan otomatis upload foto pada aplikasi tertentu. Kegiatan inilah yang menyebakan kuota data internet cepat habis. Apalagi jika melakukannya dengan sering. Penyakit!
Setelah mengetahui hal-hal yang tidak begitu penting yang dapat menyebabkan kuota cepat terkuras. Berikut ini mantra agar Sobat dapat menghemat penggunaan kuota data internet:
  • Blokir Iklan.
  • Pintar dan lebih bijaksana dalam browsing.
  • Update melalui Wifi.
Blokir Iklan dengan Ad-block
Blokir iklan adalah solusi pertama untuk melakukan penghematan kuota data. Banyak aplikasi gratis di Google Play Store Android dengan iklan. Sekarang mari diblok.
Prosedur

  • Untuk menggunakan aplikasi ini Sobat mesti melakukan root pada perangkatnya.
  • Download adaway pada link berikut ini.
  • Buka aplikasi lalu berikan akses root dengan di grant/allow apada apliakasi SuperSU/Superuser.
  • Tap pada “Download files and Apply Ad Blocking”.
  • Akan ada dialog untuk melakukan reboot. Klik “Yes”.

Sekarang Sobat bisa mengucapkan selamat tinggal kepada iklan yang dapat menyebabkan kuota data tercuri.
Pintar dan Lebih Bijaksana dalam Browsing

Banyak browser yang dapat mengkonsumsi kuota data yang banyak, termasuk Google Chrome. Meski sudah memiliki fitur data saver. Bagi penulis, hal ini tidak akan berlaku untuk pengguna dengan langganan kuota data yang kecil. Solusinya ada pada browser lain yang lebih dapat melakukan penghematan kuota data.

Sobat bisa mencoba UC Mini. Lalu aktifkan fitur dengan Speed Mode/Mode Cepat untuk pengalaman browsing dengan hemat kuota data. Ditambah UC Mini melakukan download file lebih cepat dibandingkan Google Chrome. Sebagai tambahan UC Mini dapat mengganti direktori file unduhan ke eksternal SD Card.
Sisi minusnya, meski tampilan web akan tidak begitu bagus saat menggunakan UC Mini dibanding Chrome. Tapi teks tulisan pada situs yang dikunjungi masih terbaca dengan baik.
Saran, jangan pernah percaya perangkat Android Sobat terkena virus jika sedang browsing. Browser fungsinya untuk akses situs bukan seperti Antivirus yang melakukan scan virus. Kurang-kurangi berkunjung ke situs bajakan dan situs porno agar tidak mendapatkan pesan pop-up yang aneh-aneh.
Update Melalui Wifi
Sobat dapat menguurangi/hindari update aplikasi dan membuka aplikasi yang dapat menyebabkan kuota terkuras. Pada Google Play Store Android ke Settings > Auto Update apps pilih Auto update over Wifi Only.
Sementara untuk ke aplikasi-aplikasi tertentu Sobat dapat mengkontrol aplikasi tersebut untuk update hanya melalui wifi. Caranya ke Settings > Data Usage > Pilih aplikasi yang ingin diupdate hanya melalui Wifi (contoh YouTube, Instagram, Flipboard, dll) > Pada bagian Restrict app background data pilih ON.
Saat membuka aplikasi tersebut, mewajibkan koneksi Wifi agar bisa akses ke internet. Untuk akses mobile datanya sudah diblok. Sehingga Sobat tak perlu khawatir kuota datanya akan terkuras habis karena membuka aplikasi tersebut.
Sobat sudah mengetahui mantra agar mengurangi penggunaan kuota data internet. Sekarang silahkan berbagi pengalaman Sobat dengan berkomentar dibawah ini.


Share this

Related Posts

First